Kapolres Jepara Hadiri Upacara Pelarungan dan Pesta Lomban

Tribratanewsjateng.polri.go.id, Jepara – Rabu pagi (12/06/2019) bertempat di TPI Ujung Batu Jepara telah berlangsung kegiatan upacara pelarungan dan pesta lomban Kabupaten Jepara.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Plt. Bupati Jepara H. Dian Kristiandi, S.Sos, Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman, S.I.K., M.H., Kasdim 0719 Jepara Mayor Inf Muh. Nurul Chabibi, SH, Kejaksaan Negeri Jepara diwakilkan oleh Bpk. Noordien, Ketua Pengadilan Agama Kab. Jepara Drs. Imam Syafi’i, Sekda Kab. Jepara Edi Sujatmiko, OPD Kab. Jepara, Camat Jepara Muhammad Syafii, S.H & unsur Muspika Kecamatan Jepara kota, Ketua HNSI Sudiyanto, Lurah Ujung Batu Bpk Anjar Jambore serta masyarakat.

Kegiatan tersebut di awali dengan tarian Sernemi. Tujuan kegiatan adalah melestarikan budaya lokal di Kabupaten Jepara, Rasa syukur nelayan dan masyarakat atas rezeki yang telah didapatkan.

Rangkaian kegiatan pesta lomban dimulai sejak kemaren tanggal 11 Juni 2019 dan hari ini merupakan puncak kegiatan dengan dilaksanakan kegiatan pelarungan kepala kerbau dan tradisi kupat lepet di pantai Kartini Kab. Jepara.

Plt. Bupati Jepara H. Dian Kristiandi, S.Sos mengatakan, kegiatan Lomban adalah Wujud pemerintah Kab. Jepara sebagai pelestarian budaya di Kab. Jepara.

Terimakasih kepada masyarakat Ujung Batu dan masyarakat sekitar karena mau melestarikan kegiatan pesta lomban.

Tangkapan ikan di Jepara menurun karena banyak faktor yang mempengaruhi, dari sini kita akan mencari solusi agar tangkapan ikan semakin meningkat.

Sebagai info bahwa pemerintah Kabupaten Jepara akan menggratiskan tiket masuk obyek wisata di wilayah Kab. Jepara pada hari senin – jumat sedangkan sabtu dan minggu tetap berlaku biaya masuk.

Kemudian acara dilajutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Bupati Jepara yang di serahkan kepada ketua HNSI Jepara serta prosesi pelarungan kepala kerbau ke laut.

(hms)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail