Kapolres Jepara : Festival Kupat Lepet Pesta Lomban Adalah Tradisi Asli Masyarakat Kab. Jepara Yang Harus Kita Letarikan

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Jepara – Pagi ini (12/06/2019) berlangsung kegiatan Festival Kupat Lepet Pesta Lomban 2019 di Pantai Kartini Kabupaten Jepara, dimana kegiatan kegiatan rutin tahunan tersebut merupakan tradisi masyarakat Kab. Jepara sebagai simbol rasa syukur dari para nelayan Kab. Jepara atas limpahan rejeki serta doa agar mendapatkan perlindungan keselamatan kepada Allah SWT.

Berangkat dari TPI Ujung Batu Kec./Kab. Jepara, rombongan dari Forkopimda Kab. Jepara Plt. Bupati Jepara Bp. H. Dian Kristiandi, S.Sos., Kapolres Jepara Polda Jateng AKBP Arif Budiman, S.I.K., M.H., Dandim 0719 Jepara diwakilkan oleh Kasdim 0719 Jepara Mayor Inf Muh. Nurul Chabibi, S.H., Ka Kejaksaan Negeri Jepara diwakilkan oleh Bp. Noordien, Ketua Pengadilan Agama Kab. Jepara Bp. Drs. Imam Syafi’I, Sekda Kab. Jepara Bp. Edi Sujatmiko, OPD Kab. Jepara, Camat Jepara Bp. Muhammad Syafii, S.H & unsur Muspika Kecamatan Jepara Kota, Ketua HNSI Bpk. Sudiyanto, Lurah Ujung Batu Bp Anjar Jambore serta masyarakat yeng mengikuti pelarungan sejumlah kurang lebih 1.500 orang kemudian menuju ke lokasi pelarungan kepala kerbau di tengah laut.

Sekitar pukul 08.00 WIB kegiatan pelarungan kepala kerbau dilaksanakan dengan diiringi memanjatkan doa ke Allah SWT. Usai melaksanakan pelarungan, kendaraan laut yang terdiri dari Kapal Patroli Pos Kamla Jepara, Kapal LCR Kompi Air Bek-Angdam IV/ Diponegoro, Kapal Patroli Polair Polres Jepara, Kapal Basarnas Jepara, Kapal Syahbandar Jepara serta Kapal Nelayan Jepara sekitar 158 kapal menuju ke Dermaga Kartini Kab. Jepara untuk melajutkan prosesi dari Festival Kupat Lepet Pesta Lomban 2019 di Pantai Kartini Kabupaten Jepara.

“Kegiatan Festival Kupat Lepet Pesta Lomban adalah ungkapan rasa syukur dari masyarakat Kab. Jepara dan merupakan salah satu budaya asli dari masyarakat Kab. Jepara yang harus selalu lestari. Dan Kami dari Polres Jepara akan selalu siap untuk memberikan pengamanan pada seluruh kegiatan masyarakat Kab. Jepara sehingga kegiatan masyarakat tersebut berlangsung dengan aman dan kondusif” Terang Kapolres Jepara AKBP Arif Budiman, S.I.K.,M.H. usai kegiatan.

(Humas Polres Jepara)

 

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail