Polres Jepara Amankan Karnival Thongthek Yang Diadakan Setiap Bulan Ramadhan

Tribratanewsjateng.polri.go.id, Jepara – Malam tadi (18/05) telah berlangsung Karnival Thongtek Saur Ramadhan Mubarok XX 1440 H Th. 2019 Kabupaten Jepara dengan tema “Festival thongtek sambil jalan kaki bersama warga Kab. Jepara”.

Sebanyak 92 personil dari Polres Jepara Polda Jateng turut mengamankan kegiatan tersebut guna kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Jepara H. Dian Kristiandi, S. Sos, Wakapolres Jepara Kompol Pranandya Subiyakto, SH, M.Hum., Setda Kab. Jepara Sdr. Edy Sujadmiko, S. Sos, MM, MH, Ass II Sdr. Mulyaji,  SH, MM, Kabag Kesra Sdr. Suhendro,  SH, MH, Camat Kec. Jepara Sdr. Muhammad Safi’i, SH, Ketua PCNU KH. Hayatun Abdullah Hadziq, Ketua Fatayat Kab. Jepara Ibu Nanik, Ketua Muslimat Kab. Jepara Ibu Nuraini, Ketua IPPNU Kab. Jepara Bpk. Jelly Andrian beserta anggota, Perwakilan NU Kab. Jepara Bpk. Mamik, Ketua Panitia Bpk. Abdul Jamil beserta anggota, Peserta sebanyak 52 group thongtet serta penonton kurang lebih 10.000 orang.

Acara tersebut ditandai dengan laporan panitia Sdr. Abdul Jamil, ia mengatakan bahwa kegiatan thongtek ini akan diikuti sebanyak 52 peserta yang terdiri dari anak – anak (Nomor 1 – 15) dan umum/ dewasa (Nomor 16 – 52).

Wakil Bupati Jepara dalam sambutannya menyampaikan bahwa Thongtek sejarahnya terbuat dari sepotong bambu yang di potong-potong yang dan digunakan anak muda untuk membangunkan masyarakat untuk makan saur,  namun perkembangannya telah terjadi kekreatifitasan anak muda dengan menggunakan alat-alat modern.

Kami berharap dalam kegiatan ini dapat di rasakan oleh masyarakat dan jauhkan dari miras serta terhindar dari penyusup yang dapat mengganggu kondusifitas wilayah.

Rute dalam kegiatan tersebut dimulai dari Alun – alun I Kab. Jepara – Jl. Kartini – Jl. Pemuda – Jl. Raden Sahid – Jl. Imam Bonjol – Jl. Brigjen Katamso – Finish Alun – Alun I Jepara/ Masjid Baitul Makmur.

(hms)

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail