Polres Jepara Berikan Materi Dan Pelatihan Tentang Pengendalian Massa Kepada Satpol PP

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Jepara – Sebagai bentuk sinergitas antar institusi Polri, Sat Sabhara Polres Jepara dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menggelar pelatihan pengendalian dan pengamanan massa (Dalmas), di Gedung Serba guna Pemda Jepara, Kemarin(20/09/2018).

Kasat Sabhara Polres Jepara IPTU M. Syaifuddin, A.Md.,mengatakan bahwa pelatihan Dalmas dilakukan karena keduanya memiliki tugas dan fungsi yang sama yaitu Pengamanan, Penertiban, dan Penjagaan, serta gerak penegakan peraturan.

“Jadi, sangat penting dilakukan sinergi antara dua institusi yang selama ini cukup baik dalam menjaga ketertiban umum dalam masayarakat, terutama dalam hal Kamtibmas,” ucap Kasat Sabhara.

Dalam pelatihan tersebut KBO Sat Sabhara IPDA Suyatmoko dan Kasubnit Dalmas TON 2 Bripka Fajar Danny ditunjuk sebagai pemberi materi. Kedua personil tersebut ditunjuk karena telah melaksanakan pelatihan dan pendidikan tentang pengendalian massa sebelumnya.

Materi yang diberikan adalah pengendalian massa jika terjadi kerusuhan atau unjuk rasa, mulai dari sikap siaga, sikap tangan berkait dan formasi dalam menghadapi massa.

Selain itu juga diberi pengarahan saat pemakaian atribut kelengkapan pengamanan. Seperti tongkat, helm, rompi, tameng serta tata cara dalam gerak maju bertahan di kerumunan massa yang bertindak anarkis dan arogan.

Dalam pelatihan diberi arahan bagaimana sikap satu kesatuan dan satu komando agar regu atau tim tidak terpancing emosional atas tindakan kerusuhan massa yang anarkis. Hingga membuat bubarnya satu pengamanan.

(hms)

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail