Pohon Berumur Ratusan Tahun dan Nyaris Roboh, Bhabinkamtibmas Koordinasi dengan Instansi terkait.

Tribratanews.jateng.polri.co.id, Jepara – Polsek Jepara Kota, Bhabinkamtibmas Kelurahan Jobokuto Bripka Bhayu Sugiyono, S.H. bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Unit Bantu Pertolongan Pramuka (UBALOKA), Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) dan dibantu oleh warga Rt 09 Rw 03 kelurahan Jobokuto Jepara, melaksanakan pemotongan pohon trembesi yang di perkirakan berumur 100 tahun lebih, Rabu (31/01/2018).

Salah satu warga yang bernama Fatkhuroh yang tinggal tidak jauh dari pohon tersebut mengungkapkan bahwa pohon trembesi ini diperkirakan berumur 100 tahun lebih berada di samping punden Mbah Patonar dan rumah saya berjarak 2 meter dari pohon tersebut. Ketika itu cuaca hujan dan angin cukup kencang, saya mendengar suara retakan tanah di teras rumah saya yang dikarenakan akar pohon yang menjalar di bawah teras rumah saya, hingga menyebabkan lantai teras saya terangkat. Merasa khawatir pohon trembesi itu akan roboh, kemudian saya melapor ke Ketua RT dan Bhabinkamtibmas tempat saya tinggal.

Mendapatkan laporan tersebut, Bripka Bhayu bersama dengan Ketua RT, Lurah dan Babinsa langsung melakukan pengecekan.

“Dari hasil pengecekan, diketahui bahwa pohon dalam posisi miring dan batang pohon bagian dalam dalam keadaan kropos. Dengan keadaan yang memperihatinkan tersebut, kemudian kami melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk merencanakan pemotongan pohon. Dan pada hari ini (Rabu, 31/01/2018) dilaksanakan pemotongan” ungkap Bhayu.

(Humas Polres Jepara)

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail