PEMBINAAN BABINSA DI KODIM, POLRES JEPARA ISI DENGAN PENANGGULANGAN TERORISME DAN HARKAMTIBMAS UNTUK KONDUSIFITAS WILAYAH

Tribratanews.jateng.polri.go.id, Jepara – Guna meningkatkan kemampuan personil TNI AD menghadapi permasalahan di wilayah binaan, Kodim 0719 Jepara melaksanakan pembinaan Babinsa dengan mengangkat tema “Melalui kegiatan apel Danramil – Babinsa kita tingkatkan kemampuan aparat kowil dalam rangka menghadapi permasalahan di wilayah binaan melalui pelaksanaan bintek untuk mendukung tugas pokok TNI AD kedepan”, Senin (18/12/2017).

Acara tersebut dihadiri oleh Pasi Intel Kodim 0719 Jepara Kapten Ramlan, Kasat Intelkam Polres Jepara AKP Hari Jatmiko, Sat Pol PP Jepara, Personel Kodim 0719 Jepara/ anggota Babinsa sekitar 95 personel.

Sebagai narasumber, Kasat Intelkam Polres Jepara AKP Hari Jatmiko mewakili Kapolres Jepara menyampaikan materi terkait penanggulangan Terorisme dan Harkamtibmas. Dalam paparannya narasumber menyampaikan langkah antisipasi penanggulangan radikalisme antara lain :
– Mendatakan tempat kost, rumah kontrakan dan selalu melakukan deteksi dini & cegah dini potensi konflik di wilayah masing – masing.
– Memberikan pesan kepada masyarakat apabila melihat, mendengar, mengetahui dan mengalami adanya ancaman terror segera melapor kepada Babinsa/Babinkamtibmas.
– Meningkatkan kerjasama antara sesama aparat pemerintah dan masyarakat sehingga bias terdeteksi secara dini (early detection) dan peringatan dini (early warning) terhadap giat teroris diwilayah Kab. Jepara.

Dalam sesi tanya jawab Pelda Naryo menanyakan, Bagaimana langkah kepolisian terhadap eks pelaku terorisme apakah ada rehabilitas seperti pelaku narkoba?

Langkah kepolisian yakni tidak seperti pelaku narkoba yang bisa ditempatkan di pusat rehabilitas namun terdapat program deradikalisasi yaitu mendata/ memantau eks pelaku teror yang sudah kembali ke masyarakat sehingga aktivitasnya bisa termonitor, jawaban Kasat Intelkam.

(HumasPolresJepara)

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail