Pemda Jepara Gelar Forum Komunikasi Memperteguh Kebhinekaan

Tribratanewsjepara.com – Merebaknya isu radikalisme dan intoleransi yang hadir saat ini, Pemerintah Kabupaten Jepara menggelar Forum Komunikasi Antara Pemerintah dan Masyarakat memperteguh Kebhinekaan dengan tema “Peringatan Proklamasi Ke 72 Tahun 2017 Kita Bangkitkan Semangat Kebhinekaan Untuk Mewujudkan Jepara Yang Kondusif”. Acara yang digagas oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) menghadirkan Forkopinda Kabupaten Jepara, Muspika Se Kabupaten Jepara dan tokoh agama serta tokoh masyarakat se Kabupaten Jepara di Pringgitan Pendopo Kabupaten Jepara, Senin (28/8/2017).
Bupati Jepara, Ahmad Marzuki dalam sambutannya mengatakan, bahwa Forum Komunikasi antara Pemerintah dan Masyarakat mempunyai manfaat yang sangat besar, apalagi komunikasi antar kita bersama. Dengan kita berkumpul untuk meningkatkan Kebhinekaan setelah kita diberikan anugerah dari Tuhan YME yaitu Kemerdekaan, sehingga kita harus selalu bersyukur dan mempertahankannya.
“Secara umum Kebhinekaan di Kabupaten Jepara sudah sangat baik, terutama toleransi antar umat beragama, tetapi tetap harus kita tingkatkan, pinta Marzuki.
Kapolres Jepara Polda Jateng, AKBP Yudianto Adhi Nugroho dalam paparannya menekankan, agar masyarakat mewaspadai pola ancaman terkait adanya kegiatan yang mencurigakan ataupun bertolak belakang dengan tradisi warga masyarakat. “Mari bersama sama kita menjaga ketenangan dan keamanan di Kabupaten Jepara dan jangan kita sudutkan kelompok-kelompok golongan lain, bila ada yang mencurigakan segera laporkan ke Polisi” pinta Yudi.
Lebih lanjut, Yudianto dalam paparannya menjelaskan bahwa peraturan pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 merupakan upaya pemerintah untuk mengatur terkait dengan keormasan agar tidak berlebihan tindakan sehingga mengakibatkan timbulnya perpecahan NKRI.
Selain Kapolres Jepara, turut hadir unsur forum komunikasi pimpinan daerah sebagai narasumber dalam diskusi panel yang digelar pihak penyelenggara yakni DPRD Kabupaten Jepara H Agus Sutisna, Dandim 0719 Jepara Letkol Inf Ahmad Basuki, Ketua Pengadilan Agama Imam Syafi’i, Wakil ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Jepara, dan Kejaksaan Negeri Jepara Lukman. (as)
Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail