Cegah konflik, Dibentuk FKPM Nelayan

DSC04770JEPARA – Kaum Nelayan di Kab. Jepara sepakat membentuk Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Nelayan pada pertemuan di KUD Eko Karyo Mino, Jobokuto Jepara pada hari Rabu 28 Oktober 2015. “Pembentukan FKPM Nelayan ini diharapkan dapat meredam, mengurangi bahkan semoga bisa mencegah total munculnya konflik nelayan. Jika ada persoalan bisa diselesaikan dulu di tingkat bawah, untuk hal yang rumit baru di bawa ke atas” ujar Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HSNI) Kab Jepara Soedijatno, yg terpilih menjadi Ketua FKPM Nelayan Se-Kab Jepara, kemarin.
Para Nelayan (jumlah mencapai 13.090 org dgn jumlah perahu/kapal dibawah 30 GT mencapai 3.500 buah) tergabung dalam 105 kelompok usaha bersama (KUB). Kehadiran FKPM Nelayan, papar Soedijatno, diharapkan semakin mebambah wawasan dan kemitraan nelayan dengan berbagai pihak. Pengurus yang terbentuk dilengkapi Wakil Ketua Aiptu Khulaini (Sat Pol Air), Sekretaris Eko Wilman (Sekretaris HSNI Jepara), Bendara H. Mustafa. Dalam waktu dekat, segera bentuk pengurus tingkat kecamatan.

Pertemuan yang difasilitasi Sat Binmas Polres Jepara dan HSNI dihadiri 90 perwakilan nelayan, mulai dari Karimunjawa, ujung timur laut Kec. Donorojo hingga ujung selatan Kec. Kedung. “Terbentuknya FKPM Nelayan diharapkan semakin meningkatkan kekompakan dan persaudaraan sesama nelayan dan terjalinnya hubungan yang lebih luas sehingga dapat mendorong terciptanya kondisi yang akrab baik di laut maupun di darat” ujar Kasat Binmas Polres Jepara AKP Hadi Suprastowo. (SYAM)

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail